Gara-gara Visa Habis dan Nggak Punya Uang, Turis Ini Nekat Renang dari Timor Leste ke Australia!

Australia

Kalau sudah kepepet, kadang-kadang manusia suka melakukan hal di luar nalar. Apalagi kalau sudah nggak punya uang, wah banyak hal nekad yang bisa dilakukan. Salah satu contohnya adalah turis Aljazair berikut ini. Gara-gara sudah kehabisan uang dan visa pun sudah habis masa berlakunya, ia coba datang ke Australia. Bukan dengan naik kendaraan, tapi dengan berenang. Kurang gila apa coba?

Hal gila ini dilakukan oleh Haminoumna Abdul Rahman, seorang warga negara Aljazair. Ia yang tengah berkunjung ke Timor Leste mengaku panik setelah uangnya habis sekaligus visa kunjungannya juga habis masa berlakunya. Apa yang ia lakukan sungguh bikin geleng-geleng kepala. Ia nekat berenang menuju ke Australia. Konyol sih ini namanya.

Mengaku kehabisan uang serta visanya habis, Haminoumna Abdul Rahman nekat berenang ke Australia. Ia melakukan itu setelah mendapat info dari warga lokal kalau Australia tidak jauh dari Timor Leste

Seorang warga negara Aljazair, Haminoumna Abdul Rahman, terdampar di salah satu pantai Kabupaten Malaka, perairan pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Ia nekat berenang ke Australia dari Timor Leste karena visanya sudah habis dan uangnya juga ikutan ludes. Namun sayang upayanya sia-sia belaka karena ombak yang besar dan cuaca buruk di lautan. Ia hampir mati saat ditemukan di pantai Motadikin pada tanggal 11 Januari lalu. Haminoumna yang sudah tinggal di Dili sejak Desember 2019 mengaku akan pergi ke Suai, untuk berenang menuju perairan Australia. Dia mengaku kepada petugas bahwa ia mendapat informasi dari warga lokal, bahwa jarak pesisir Suai menuju kawasan Negeri Kanguru cukup dekat. Jadi ia memberanikan diri berenang ke sana.

Asal tau saja, jarak Timor Leste ke pantai terdekat di Australia, tepatnya di Kota Darwin adalah 687 km. Renang 10 km aja belum tentu selamat, apalagi 687 km!

Perilaku Haminoumna Abdul Rahman nggak cuma nekat tapi juga bodoh. Betapa dia gampang sekali melakukan hal ekstrem hanya karena mengikuti warga lokal yang bilang pantai Australia relatif dekat. Ya dekat bagi yang naik kapal, tapi kalau berenang ya bunuh diri.

Namun apa yang dilakukan turis ini belum tentu juga sebuah hal yang biasa. Bisa jadi ia adalah imigran asal Timur Tengah yang ingin masuk ke Australia. Hal ini dikarenakan jalur Nusa Tenggara Timur dan Timor Leste merupakan jalur migran untuk menuju ke Australia. Mereka adalah para pencari suaka di Australia. Ada yang berhasil, namun tak sedikit yang gagal. Apalagi masuknya imigran ilegal ini juga didukung oleh jaringan penyelundup manusia yang mengangkutnya dari pantai Sumatera.

Sebaiknya aparat terkait segera menginvestigasi kejadian ini. Siapa sebenarnya turis ini dan apa tujuannya ke Timor Leste, mengingat Aljazair begitu jauh ke Timor Leste dan tidak banyak destinasi wisata di sana. Dugaan penyelundupan manusia ke Australia juga harus dipertimbangkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*