6 Tips Kesehatan yang Dianggap Aneh Tapi Ternyata Jauh Lebih Efektif. Cek Apa Kamu Juga Gini?

Check Kesehatan

Agar tubuh lebih sehat, biasanya orang-orang akan melakukan beberapa saran medis yang sifatnya umum dan dimakmaklumi awam. Padahal, ada beberapa tips kesehatan yang sebenarnya aneh, tapi justru jauh lebih efektif. Sayangnya, karena kurang populer dan banyak orang menganut prinsip ‘kebiasaan umum’ tips-tips kesehatan ini banyak yang nggak tahu.

Nah, melalui ulasan ini, Trik Curang Tips bagikan beberapa tips kesehatan aneh yang ternyata jauh lebih efektif ketimbang kebiasaan umum. Simak!

1. Minuman panas justru lebih bisa membuat tubuh lebih dingin

Terdengar nggak masuk akal bukan? Tapi cara ini ternyata benar-benar efektif lo! Sebab, ketika kamu minum minuman panas, tubuh akan menghasilkan lebih banyak keringat karena menguap. Secara nggak langsung, hal inilah yang membuat suhu tubuh berangsur turun dan jadi lebih dingin.

2. Setelah makan, kamu nggak perlu langsung menyikat gigi

Anjuran ini pasti sering kamu dengar bukan? Tapi faktanya, kamu justru nggak boleh langsung menyikat gigi, apalagi kalau sebelumnya kamu mengonsumsi makanan asam, seperti soda maupun kopi. Sebab, menyikat gigi secara langsung justru bisa membuat zat asam menyerang enamel gigi dan lapisan bawahnya, melansir laman Liputan 6. Baiknya tunggu setengah jam dulu sebelum menyikat gigi.

3. Memakai sabun antibakteri nggak akan membuatmu lebih bersih dan sehat

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari laman Health, sabun antibakteri justru mengandung triklosan yang bisa menimbulkan risiko kesehatan seperti resistensi bakteri dan gangguan hormon. Iya, bakteri-bakteri baiknya jadi ikut mati juga.

4. Sesekali cobalah berolahraga ketika tubuh lelah

Sebuah jurnal penelitian Medicine in Science Sports and Exercise menyebut bahwa keringat yang keluar saat berolahraga justru bisa membangkitkan tenaga, melansir laman Detik. Sebab, dengan olahraga, metabolisme oksigen akan bekerja lebih efektif, jadi bisa menghilangkan rasa capek. Tapi baiknya, lakukan olahraga selama 30 menit saja agar tubuh nggak kaget.

5. Sebelum tidur siang, cobalah minum satu cangkir kopi dulu

Sebuah studi di Jepang menemukan bahwa mereka yang minum kopi sebelum tidur siang merasa jauh lebih segar ketika bangun. Tapi usahakan tidur siang selama 20 menit, sebab waktu ini merupakan saat di mana kafein bekerja dan membersihkan membersihkan molekul di otak, seperti dilansir Health.

6. Untuk menurunkan berat badan, cobalah konsumsi banyak kalori

Jika ingin diet, disarankan untuk menambah konsumsi protein dan lemak seperti selai kacang dan keju ketimbang karbohidrat. Kedua kandungan makanan ini memang meningkatkan jumlah kalori makananmu, tapi ini bisa membuatmu kenyang lebih lama, melansir laman Health 24.

Meski terkesan mengada-ada, tapi ternyata beberapa tips kesehatan di atas sudah dibenarkan oleh para ahli lo! Nah, buatmu yang penasaran dan masih nggak percaya sesekali bisa mencobanya. Biar lebih yakin juga, kan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*