6 Cara Mengurangi Sampah Sisa Makanan. Sampai Kapan Buang-buang Rezeki Tanpa Pikir Panjang?

6 Cara membuang makanan

Tahu nggak sih kalau sampah sisa makanan ternyata jadi salah satu penyumbang kerusakan lingkungan yang cukup besar? Bahkan menurut data dari Organisasi Makanan dan Pertanian United Nation (FAO), jumlahnya bisa mencapai sepertiga dari yang mulanya diproduksi, mengutip laman Kumparan. Lebih parahnya lagi, sisa makanan yang terbuang ini nggak cuma karena basi, tapi juga ada yang terlalu banyak dibelanjakan dan akhirnya nggak kepakai begitu saja.

Mengingat efeknya yang begitu buruk pada lingkungan, ada baiknya jika kamu melakukan tindakan pencegahan untuk menimalisir sampah sisa makanan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu praktikkan.

1. Belanjalah bahan makanan segar, tapi jangan beli persediaan terlalu banyak

Bahan makanan segar ini bisa langsung kamu olah dan usahakan jangan simpan terlalu lama di kulkas, langsung habiskan aja. Daripada malah jadi basi, mending beli secukupnya saja, terutama untuk daging dan sayur.

2. Bahan makanan tadi, perlu kamu simpan dengan cara yang tepat

Meski sudah disimpan dalam kulkas, bahan makanan tetap berpotensi busuk kalau nggak diletakkan di wadah yang tepat. Apalagi untuk sayuran seperti tomat dan cabai. Biar awet, belilah yang belum begitu masak lalu taruh di wadah khusus. Untuk bahan makanan seperti sereal dan biskuit mending simpan dalam wadah kedap udara.

3. Penting juga untuk membersihkan kulkas secara rutin sekalian cek tanggak kedaluwarsa

Tata ulang isi dalam kulkas dengan menaruh bahan makanan lama di bagian depan agar bisa segera dipakai. Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya biar kamu nggak kelewat mengolah makanan yang sudah basi.

4. Usahakan untuk lebih kreatif ketika mengolah bahan yang sudah disimpan lama di kulkas

Sebelum memutuskan membuang bahan makanan di bak sampah, mending putar otakmu untuk mengolahnya jadi hidangan yang menarik. Yang penting kemakan deh~

5. Manfaatkan seluruh bagian bahan makanan, jangan ada yang dibuang kalau bisa

Tiap kali mengolah buah, usahakan buat nggak membuang kulitnya. Apalagi untuk buah sejenis anggur dan apel. Misalnya saja kulit jeruk yang bisa diolah menjadi permen yang manis.

6. Awetkan sisa bahan makanan dengan cara dibekukan atau fermentasi

Beberapa sisa bahan makanan yang bisa dibekukan di antarnya ialah buah, pasta tomat, dan kaldu. Buah yang beku nantinya bisa kamu jadikan sebagai smoothie hanya dengan menambahkan susu. Nah, untuk sayuran yang nggak bisa dibekukan, kamu bisa membuatnya jadi acar misalnya timun atau wortel.

Nah, cara-cara di atas juga berlaku jika kamu jajan di luar ya. Cukupkan porsinya dengan kebutuhan perutmu, jangan berlebihan. Kalau terpaksa harus nyisa, bawa pulang aja.

Selain bikin lebih irit, meminimalisir sampah sisa pembuangan juga dapat mengurangi kerusakan lingkungan. Lagipula, kasihan juga kalau bahan makanan ini berujung di tempat sampah padahal di belahan dunia saja masih ada orang yang sulit mendapatkan makanan layak.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*