5 Trik Mencuci Pakaian Berpayet Biar Nggak Rusak Hiasannya. Hampir Sama Kayak Cuci Kebaya

5 Trik Mencuci Kebaya

Pakaian berpayet termasuk ke dalam jenis sequin dress. Pakaian jenis ini memiliki banyak hiasan berupa payet atau manik-manik yang terpasang di kainnya. Biasanya kain yang digunakan tergolong tipis, seperti kebaya dan gaun. Oleh karena itu, butuh kehati-hatian yang ekstra saat mencucinya. Nggak mau kan kalau sampai hiasan di pakaianmu copot semua karena salah cara mencuci?

Nah, agar pakaianmu nggak cepat rusak, simak trik mencuci pakaian berpayet berikut. Nggak ribet kok, cuman butuh kehati-hatian saja.

1. Agar payet atau manik-maniknya nggak rusak, balikkan pakaian sebelum direndam

Selain agar hiasannya nggak rusak dan bergesekan dengan pakaian lain, kamu perlu membalikkan dari dalam ke luar agar kain pakaianmu juga ikut dibersihkan. Lagi pula kamu nggak perlu mencuci terlalu intens bagian luar pakaian yang penuh dengan hiasan itu.

2. Jangan disikat apalagi memutarnya dengan mesin cuci. Kucek dengan tangan aja udah cukup

Meskipun menggunakan mode paling lambat di mesin cuci, pakaian payetmu tetap akan tergulung dengan pakaian lain. Sama dengan ketika kamu menyikatnya, ini berisiko membuat hiasan payet lepas atau longgar. Cukup gunakan tangan untuk mengucek. Pastikan jangan terlalu keras saat mengucek ya!

3. Sebagian besar pakaian berpayet memiliki kain yang tipis. Hindari deterjen berbahan keras

Deterjen yang berbahan keras berpotensi merusak serat pakaian payetmu. Gunakan deterjen yang berbahan ringan atau lembut dan bilas dengan air dingin untuk mempertahankan kualitas kain.

4. Jika hanya ada sedikit noda, langsung kucek saja di bagian noda itu

Noda yang menempel hanya sedikit dan kamu nggak mau merendam keseluruhan pakaian? Ini dapat diakali dengan langsung membersihkan di titik noda. Bisa dengan menyeka atau melumurinya dengan deterjen.

5. Rentangkan pakaian saat menjemur. Jangan diperas atau memutarnya dengan pengering mesin cuci

Memeras kain memang membuat proses pengeringan menjadi lebih cepat. Namun lain halnya dengan kain jenis sequin dress. Nggak perlu memeras, menggulung, atau melilitnya. Kamu cukup merentangkannya di tali jemuran dan membiarkan sisa air menetes sampai akhirnya kering. Ini untuk mencegah kerusakan payet dan manik-manik pada pakaian.

Beda jenis pakaian, beda pula cara mencucinya. Kamu perlu meneliti kembali jenisnya sebelum mencucinya agar penanganannya tepat dan nggak merusak pakaianmu. Pakaian jenis sequin dress nggak perlu sering-sering dicuci. Toh juga nggak setiap hari kamu pakai kan? Terlalu sering mencuci pakaian bukannya membuatnya semakin bersih, yang ada malah rentan terkena kerusakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*