5 PELUANG USAHA MODAL KECIL JANGKA PANJANG di 2019

Peluang Usaha di 2019

PELUANG USAHA MODAL KECIL JANGKA PANJANG di 2019

Jika Kalian ingin Usaha dengan modal kecil dalam hidup Anda, maka cara terbaik adalah dengan mencoba sebanyak-banyaknya daripada mencoba satu-satu dan perjuangkan apa yang betul-betul memberikan hasil terbaik untuk Kalian. Kendala utama banyak orang dalam Usaha adalah modal dan skill.

Karena itu dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa peluang usaha modal kecil yang semua orang bisa lakukan sekarang dengan modal kecil.

Inilah beberapa peluang usaha modal kecil yang semua orang bisa lakukan dan bisa Anda kerjakan sekarang juga:

1. Dropshiper.

Modal yang diperlukan = 0.

Dropship adalah sistem dan pola bisnis yang popular terutama sejak kemunculan dunia jual beli digital. Dengan pola dropship, ada banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, dropshipper dan konsumen atau pembeli. Supplier adalah pemilik barang yang memiliki stok, dropshiper adalah pihak penjual adalah kalian (marketer dan seller) yang menjual barang milik supplier, dan konsumen adalah pembeli yang membeli barang dari dropshiper.

Diagram Pola Bisnis Dropship

Dropshipper
Dropshipper

Kalau Begitu, Apa Bedanya dengan Reseller?

Sebetulnya hanya satu yang membedakan antara reseller dan dropshiper. Apa itu? STOK BARANG yang dimiliki. Kalau reseller biasanya harus punya modal terlebih dahulu untuk membeli barang tersebut dan kemudian menyetoknya. Sementara dropshiper, kita tidak perlu punya modal untuk bisa menyetok barang. Dropshiper bisa langsung menjual produk hanya dengan modal gambar dan spesifikasi produk saja sehingga lebih mudah memang untuk dijalankan.

Lalu Dimana Peluang Bisnisnya?

Sistem dropship ini sebetulnya bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan. Anda bisa memulai bisnis bahkan tanpa modal sedikitpun. Kok bisa tanpa modal? Ya, bisa sekali karena dalam sistem dropship ini, Anda bisa berperan sebagai seorang dropshiper yang tidak perlu memiliki stok barang. Sementara stok barang hanya cukup di pihak supplier saja. Sebetulnya di era ini, siapapun bisa menjadi seorang dropshiper yang penting ada kemauan untuk menjual karenanya skill menjual menjadi sangat penting.

Apa Saja Keuntungan Dropship?

Sistem dropship sebetulnya bisa memberikan keuntungan bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis. Bagi supplier, mereka dibantu barangnya dipasarkan secara lebih luas. Begitupun bagi dropshiper, ini bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan besar bahkan tanpa modal sekalipun. Dropshiper bisa menentukan keuntungan berapapun sesuai dengan keinginannya karena biasanya harga yang diberikan supplier sudah cukup murah.

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan?

Jika hanya sekedar mencoba untuk mulai ikut jalankan pola dropship, tak perlu modal khusus untuk dimiliki. Namun jika hasilnya ingin memuaskan, maka ada baiknya memang jika menambah skill anda dengan beberapa kemampuan lain khususnya dalam bidang marketing. Skill dasar yang harus anda kuasai adalah paham internet termasuk media sosial, marketplace dan lainnya. Sementara skill advance lain yang diperlukan adalah Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimization (SMO), copywriting, teknik closing, dan lainnya.

Bagaimana Cara Memulainya?

Nah, sudah jelas kan? Kalau memang sudah jelas, maka hal selanjutnya tinggal memulainya. Namun terkadang ada banyak belum paham bagaimana cara memulainya. Agar bisa memulainya, hal pertama yang anda harus lakukan adalah dengan mencari supplier terlebih dahulu. Pastikan anda menghubungi pihak supplier termasuk meminta ijin untuk membantu menjualnya. Bahkan bisa lakukan perjajian bersama supplier. Supplier yang dipilih pastinya yang terpercaya dan memiliki kualitas barang atau jasa yang bagus. Setelah menemukan barang yang pas dari supplier terpercaya, selanjutnya Anda tinggal langsung menjualnya.

2. Mini Franchinse

Modal yang diperlukan: Rp 3.000.000,- s/d Rp 5.000.000,-

Sejauh ini, menurut saya alternatif usaha waralaba kecil/mini franchise adalah pilihan yang paling cocok kalau Anda masih belum memiliki banyak skill dan pengalaman. Jika Anda punya sedikit modal (<Rp 5.000.000,-) dan bingung mau ngapain, maka tidak ada salahnya coba bergabung dengan franchise kecil-kecilan, karena selain resikonya sangat minim, Anda juga bisa langsung berbisnis saat itu juga.

Pemilik franchise biasanya sudah menyiapkan semuanya mulai dari sistem, peralatan, dan bahan bakunya, sehingga Anda tinggal mengatur operasional dan marketing bisnis Anda sendiri, dengan begini Anda jauh lebih fokus belajar sekaligus berbisnis tanpa harus direpoti dengan urusan-urusan teknis lainnya.

Bagaimana cara memulainya?

Pertama Anda harus mencari dulu pemilik franchise yang ingin menjual bisnisnya kepada Anda, cara menemukan pemilik franchise ini bisa dilakukan melalui Google tinggal ketik saja “Franchise …” atau “Waralaba …”.

Untuk Anda : waspadalah karena diluar sana ada pemilik franchise yang suka menipu atau memanfaatkan mitranya, sebelum memutuskan membeli sebuah franchise, pahami dulu bagaimana sistem kerja dan cash-flownya, pelajari dengan baik ketentuan atau perjanjian kerja samanya, dan yang paling penting perhatikan kredibilitas sang pemilik usaha. Kalau dirasa tidak meyakinkan dan cenderung omong kosong (janji manis “omset besar” tapi tidak ada bukti nyata yang realistis) sebaiknya jangan bekerja sama.

3. Bisnis Jasa

Modal yang diperlukan: Rp 3.000.000,- s/d Rp 10.000.000,-

Kalau Anda berniat membuka bisnis jasa, pelayanan nomor satu. Bisnis jasa contohnya membuka jasa laundry, jasa menjahit, fotokopi, potong rambut, sewa kendaraan, servis kendaraan, cleaning service, cuci motor dan mobil,bimbingan belajar, dan masih banyak lainnya.

Modal utama dari bisnis yang menjual jasa adalah kepercayaan konsumen. Oleh karenanya, Anda harus memiliki banyak jaringan, memanfaatkan promosi online sehingga dapat meningkatkan brand awareness.

4. Bisnis Hobi.

Modal yang diperlukan: Rp 1.000.000,- s/d Rp 10.000.000,-

Jangan remehkan hobi Anda. Dari situ mungkin bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan. Misalnya saja hobi otomotif, Anda dapat membuka bengkel kendaraan, sewa kendaraan, cuci mobil dan motor, sampai jual beli kendaraan. Hobi menulis, Anda bisa menjadi penulis, blogger. Hobi bermain bisa menjadi pro player, atau gamer bahkan bisa jadi youtuber.

5. Bisnis menjual Pulsa Elektrik.

Modal yang diperlukan: Rp 500.000,- s/d Rp 10.000.000,-

Bila Anda adalah seseorang yang aktif dalam sebuah network, organisasi di mana anggotanya cukup banyak, atau anak kuliahan, maka peluang bisnis berjualan pulsa bisa sangat menguntungkan lho karena kita bisa menjualnya pada teman-teman yang berada di network, organisasi, dan kampus.

Ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan agar bisa berhasil menjalankan bisnis pulsa elektrik, diantaranya adalah:

a. Mendaftarlah menjadi agen pulsa pada distributor pulsa terpercaya
b. Jangan mengambil untung terlalu besar
c. Jangan berikan kesempatan orang untuk nge-bon pulsa
d. Promosi dengan memperhatikan etika, baik itu melalui media sosial ataupun media lain
e. Pertahankan memberikan pelayanan yang baik pada semua pelanggan

Jadi peluang usaha manakah yang terbaik?

Peluang usaha terbaik adalah usaha yang bisa Anda kerjakan dan jalankan sekarang juga, detik ini juga. Stop questioning, start doing. Teruslah berjuang sampai Kalian betul-betul berhasil atau gagal total. Jika gagal segera bangkit dan coba peluang usaha lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*