10 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Sukses untuk Habiskan Jam Makan Siangnya

Makan Siang
Makan Siang

Hey, udah mau istirahat siang aja. Apa aja sih biasa kamu lakukan saat jam istirahat makan siang? Makan sambil chatting sama pacar di HP? Hang out bareng rekan kerja di tempat makan favorit? Atau makan bekal yang dibawa dari rumah sambil duduk dan tetap mantengin layar komputer?

Sambil menyantap makananmu, bagaimana kalau kamu membaca kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang sukses saat makan siang? Langsung simak, yuk!

1. Merencanakan Hari Mereka, Termasuk Makan Siang

Orang-orang sukses ternyata enggak mau lho jam makan siang mereka terganggu. Mereka menghargai dan menganggap jam makan siang itu adalah quality time mereka untuk melakukan apapun, selain bekerja. Mereka sering mengosongkan agenda mereka sebelum dan beberapa setelah jam makan siang.

2. Bangun dan Berhenti Bekerja

Menurut Michael Kerr, orang-orang sukses akan berhenti bekerja saat memasuki jam makan siang. Mereka tidak ingin terlarut dan menjadi budak bagi pekerjaan mereka. Mereka mungkin akan bermain-main sedikit untuk menyegarkan pikiran mereka dan membuat mereka tetap fokus dan semangat untuk menghadapi tumpukan pekerjaan yang telah menunggunya.

3. Mengatur Kembali Jadwal Mereka

Orang-orang sukses terkenal sebagai orang yang bisa menghargai waktu, termasuk juga dengan waktu makan siang mereka. Break makan siang sering mereka gunakan untuk mengecek ulang agenda yang harus mereka lakukan, melihat apa yang belum mereka kerjakan atau bahkan mencoret hal yang bisa ditunda dan tidak terlalu penting untuk mereka kerjakan.

4. Makan Siang

Para orang sukses memilih makan makanan yang sehat dan menikmati makanan mereka itu. Mereka menuruti anjuran ahli gizi untuk memilih makanan sehat, makan pelan-pelan dan mensyukuri nikmat yang mereka dapatkan hari itu.

Nah, cara makan siangmu udah begini belum guys?!

5. Mengevaluasi Apa Yang Telah Mereka Kerjakan

Waktu makan siang adalah waktu terbaik untuk melihat dan menilai hal yang telah kamu lakukan. Apakah kerjaanmu beres hari ini, ataukah kamu sedang ada di sindrom hari buruk? Saat kerjaanmu berjalan lancar kamu bisa memberikan sedikit pujian untuk dirimu sendiri, sedangkan saat kamu mengalami bad day, kamu bisa mengingatkan dirimu bahwa setelah makan siang kerjaanmu harus lebih baik lagi.

6. Membaca

Orang-orang sukses ternyata enggak melulu harus terikat pada meja kerjanya loh! Terkadang di jam makan siang mereka justru menggunakan waktu mereka untuk membaca koran, blog, atau buku-buku agar mereka tetap bisa mengikuti apa yang terjadi di luaran sana.

7. Menyediakan Waktu Untuk Kehidupan Pribadi

Enggak ada yang mau kan hidup kaya raya dan dianggap sukses tapi kehidupan pribadi kita berantakan?! Begitu juga dengan orang sukses, mereka ternyata tetap menyediakan waktu untuk kehidupan pribadinya dan jam makan siang adalah saat yang sempurna untuk mengurusi semua urusan pribadi mereka.

8. Beristirahat

Jangan lagi terikat dengan layar komputer dan tumpukan laporan yang menunggu saat makan siang. Daripada harus terikat dengan kerjaan, gunakan sisa waktu makan siangmu untuk beristirahat dan menyegarkan pikiranmu.

9. Menyusun Jenjang Karir Mereka

Jika kamu suka melamun, gunakan waktu jam makan siangmu untuk melamunkan seperti apa karir profesionalmu beberapa tahun ke depan. Mulai tentukan target yang harus kamu capai, kesulitan yang akan kamu temui dan bagaimana caramu untuk menyelesaikannya, ini semua bisa kamu lakukan sambil menikmati enaknya gado-gado samping kantor kan?!

10. Bersosialisasi dan Membangun Jaringan

Selain makan, orang sukses paham betul bahwa networking sangatlah penting untuk kesuksesan mereka. Karena itu cobalah untuk makan siang dengan orang – orang baru setidaknya sekali dalam seminggu. Dengan cara ini kamu akan bisa memperluas networking-mu, menambah wawasan, atau mungkin memperbesar kesempatanmu untuk bekerja sama dan melebarkan sayap karirmu.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*